Walikota Pekanbaru Tegaskan Penglolaan Sampah Mandiri Tak Bisa Dilakukan

By Chelba Polanda 26 Jan 2021, 12:58:07 WIB Sekitar Kita
Walikota Pekanbaru Tegaskan Penglolaan Sampah Mandiri Tak Bisa Dilakukan

Keterangan Gambar : Foto : Walikota Pekanbaru Firdaus.


Kabarbawah.com - Swakelola sampah jadi salah satu penyelesaian yang dianjurkan DPRD Kota Pekanbaru, dalam mengantisipasi kasus sistem pengelolaan sampah lewat lelang kontraktor saat ini. Tetapi, penyelesaian tersebut ditepis oleh Walikota Pekanbaru Firdaus.

Baginya, swakelola sampah bakal memerlukan biaya yang jauh lebih besar. Dia menyebut, diperlukan paling tidak 80 truk pengangkut sampah buat mencakup seluruh Kota Pekanbaru.

" Buat menyelenggarakan sendiri( swakelola,), kita perlu pengeluaran yang besar. Pengeluaran pembelian 80 truk, biaya perawatan, pengeluaran servicenya, anggaran minyak serta segala macamnya. Kita pula hendak perlu personil tambahan buat mengoperasikan," ucap Firdaus, Selasa( 26/ 1/ 2021).

Baca Lainnya :

Oleh sebab itu, Firdaus menegaskan kalau pengeluaran pengelolaan pengangkutan sampah jauh lebih murah dengan sistem lelang kontraktor. Sistem ini pula bakal memberikan peluang kepada warga, dimana usaha jasanya memperoleh keuntungan.

" Di dalam UU otonomi wilayah pula terdapat disebutkan, untuk meningkatkan pengolahan persampahan didaerah mesti berkolaborasi dengan pihak ketiga yang berbadan hukum. Ketegasan dari kalimat itu menunjukkan kalau di daerah tidak mampu menyelenggarakan sendiri, sebab perlu uang serta perlengkapan yang banyak," pungkasnya. 

Sumber : Goriau.com




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Populer

Berita Pilihan

View all comments

Write a comment