Uji Jalan di Medan, Bus Transmetro Deli Gratis hingga Desember 2020

By Chelba Polanda 17 Nov 2020, 13:31:10 WIB Sekitar Kita
Uji Jalan di Medan, Bus Transmetro Deli Gratis hingga Desember 2020

Keterangan Gambar : Bus Transmetro Deli mulai beroperasi di Medan.(Ahmad Arfah)


Medan - Bus Transmetro Deli mulai beroperasi di Medan. Salah satu koridor yang dilayani adalah Terminal Amplas menuju Lapangan Merdeka Medan.

Dilansir dari Detik.com. Penumpang bisa menaiki bus dari dalam Terminal Amplas. Bus tersedia tidak jauh dari pintu masuk Terminal Amplas.

Penumpang yang hendak masuk ke dalam bus harus lewat pintu di bagian depan bus. Di bagian dalam dekat pintu masuk bus tersedia handsanitizer bagi penumpang.

Baca Lainnya :

Ada juga mesin pembayaran secara elektronik. Penumpang yang naik harus melakukan menempelkan kartu uang elektronik mereka ke alat tersebut.


Bagian kursi penumpang dilengkapi dengan safetybelt. Terlihat ada kursi-kursi yang diberikan tanda silang sebagai batas antara penumpang. Ada juga kamera CCTV di dalam bus.

Di bagian tengah terlihat ada pegangan bagi penumpang bus yang berdiri. Ada juga ruang bagi penumpang yang menggunakan kursi roda. Terlihat ada tempat sampah hingga alat pemadam api ringan (APAR) yang disediakan di dalam bus.

Bus dari Terminal Amplas ini melintas di Jalan SM Raja Medan menuju Lapangan Merdeka. Bus akan berhenti di halte-halte yang sudah diberi tanda selama perjalanan.

Beberapa tempat yang menjadi tempat pemberhentian bus antara lain di depan loket bus ALS, depan kantor Dinas Kehutanan Provinsi Sumut, di depan Pasar Simpang Limun, di depan Universitas Budi Darma, di depan Taman Sri Deli dan di depan Rumah Tjong A Fie.

Seorang penumpang, Rudi, mengaku senang dengan kehadiran bus ini. Dia juga menilai fasilitas di dalam bus termasuk nyaman untuk transportasi umum.

"Ada AC-nya juga kan. Ini juga ada handsanitizer dan kursinya juga berjarak, jadi lebih nyaman," kata Rudi.


Rudi juga mengaku merasa aman dengan keberadaan CCTV di dalam bus. Dia berharap tarif bus ini bisa terus stabil saat mulai beroperasi secara normal.

Kalau ada CCTV ini kan jadi lebih aman. Harapannya tarifnya jangan naik kalau nanti udah mulai berbayar dan armadanya juga ditambah," jelas Rudi.

Selama proses uji coba hingga akhir Desember 2020, penumpang bus belum dikenakan biaya. Penumpang baru akan dikenakan biaya sejak awal Januari 2021.

Sumber : Detik.com





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Populer

Berita Pilihan

View all comments

Write a comment