Sri Mulyani Ungkap PON XX Papua Habiskan Duit APBN Rp 10,43 Triliun

By Chelba Polanda 04 Okt 2021, 14:23:49 WIB Ekonomi
Sri Mulyani Ungkap PON XX Papua Habiskan Duit APBN Rp 10,43 Triliun

Kabarbawah.com|Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati buka-bukaan soal anggaran negara yang sudah dihabiskan untuk mendukung penyelenggaraan PON XX Papua. 

Menurut mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu, apabila dirinci, total duit APBN yang sudah dihabiskan untuk mendukung pelaksanaan PON XX Papua adalah sebesar Rp 10,43 triliun.

Besarnya dana APBN untuk membiayai PON XX Papua karena pencairannya sudah dilakukan semenjak tahun 2018 hingga 2021. 

Baca Lainnya :

Selain itu, dana besar juga dikeluarkan pemerintah pusat untuk keperluan pembangunan infrastruktur baru, terutama sarana dan prasarana olahraga sejumlah cabang olahraga dalam PON XX Papua. 

Seperti diketahui, infrastruktur pendukung di Papua relatif tertinggal dibandingkan daerah lain. Sehingga pemerintah dirasa perlu untuk membangun beberapa sarana olahraga berstandar nasional, bahkan internasional. 

Sri Mulyani berujar, penyaluran dana APBN untuk PON XX Papua dilakukan lewat berbagai skema, baik belanja langsung kementerian lembaga maupun transfer ke APBD Provinsi Papua. 

"Biaya persiapan dan penyelenggaraan PON ke 20 di Papua dibiayai sejak 2018-2021 oleh APBN (#uangkita) disalurkan melalui APBD (Dana Tambahan Infrastruktur- DTI; Dana Otonomi khusus (DOtsus); Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Aokasi Khusus Fisik (DAKF) dan Belanja KL (PUPR, Perhubungan, Menpora, Kominfo, TVRI/REI)," jelas Sri Mulyani dikutip dari akun Instagram resminya, Senin (4/10/2021).

Berikut rincian dana APBN untuk mendukung penyelenggaraan PON XX Papua:

Tahun 2018 (Rp 1,092 triliun)

Dana Tambahan Infrastruktur (DTI): Rp 881,5 miliar

Belanja Kementerian/Lembaga: Rp 211,2 miliar

Tahun 2019 (Rp 4,386 triliun)

Tambahan Dana Infrastruktur (DTI): Rp 716,5 miliar

Dana Otonomi Khusus (DOtsus): Rp 1,44 triliun

Dana Bagi Hasil (DBH): Rp 1.708 triliun

Dana Alokasi Fisik Khusus (DAKF): Rp 18,55 miliar

Belanja Kementerian/Lembaga: Rp 999,66 miliar

Tahun 2020 (Rp 2.598 triliun)

Tambahan Dana Infrastruktur (DTI): Rp 140,5 miliar

Dana Otonomi Khusus (DOtsus): Rp 1,44 triliun

Dana Alokasi Fisik Khusus (DAKF): Rp 18,55 miliar

Belanja Kementerian/Lembaga: Rp 999,66 miliar

Tahun 2021 (Rp 2,373 triliun)

Bantuan Pemerintah Pusat melalui Kemenpora ke Papua: Rp 1,58 triliun

Belanja Kementerian/Lembaga: Rp 793,73 miliar. 


Dibuka oleh Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo secara resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Jayapura, Papua pada Sabtu (2/10/2021). Pembukaan gelar atletik empat tahun ini dipusatkan di Stadion Lukas Enembe. 

Jokowi juga mengajak untuk merayakan PON XX dengan penuh suka cita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, serta kebersamaan, persamaan dan persatuan dan kesatuan bangsa.

Sejumlah artis ternama Indonesia akan mengisi opening ceremony PON Papua, mulai dari Tulus, Ruth Sahanaya, Nowela Elizabeth Auparay, Edo Kondologit, Trio Papua, hingga Paduan Suara Gema Chandra University of Paradise.

Presenter Raffi Ahmad dinobatkan sebagai MC upacara pembukaan PON XX Papua . Raffi didampingi Intan Saumadina, Piter Ginuy, dan Irsa Yoku. Suami Nagita Slavina itu terlihat mengenakan jaket khusus PON XX dan topi adat Papua.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Populer

Berita Pilihan

View all comments

Write a comment