Roket SpaceX Meledak Saat Mendarat Usai Uji Terbang

By Chelba Polanda 10 Des 2020, 12:18:15 WIB Teknologi
Roket SpaceX Meledak Saat Mendarat Usai Uji Terbang

Keterangan Gambar : Roket Starship buatan SpaceX meledak saat mendarat usai uji terbang (SpaceX via AP)


Kabarbawah.com - Roket Starship buatan SpaceX yang akan digunakan untuk membawa manusia ke Mars, meledak saat melakukan pendaratan usai menyelesaikan uji terbang. Meski meledak, uji terbang ini masih dianggap sukses karena data-data yang dibutuhkan untuk misi tersebut telah didapatkan.

Seperti dilansir Associated Press dan Reuters, Kamis (10/12/2020), roket Starship yang berkilau dan berbentuk seperti peluru ini berhasil mengudara dan mendarat kembali dalam uji terbang selama 6,5 menit pada Rabu (9/12) waktu setempat, sebelum akhirnya meledak saat melakukan pendaratan di landasan.

Ledakan itu memicu bola api raksasa ke udara di sekitar area uji coba yang ada di area terpencil Texas, Amerika Serikat (AS). Momen itu sempat terekam kamera.

Baca Lainnya :

Kendati berakhir meledak, pendiri SpaceX, Elon Musk, menyebut misi tersebut sukses. Uji terbang itu disebut sebagai yang tertinggi dan paling rumit yang pernah dilakukan terhadap roket Starship yang menurut Musk, bisa membawa manusia ke Mars dalam secepatnya enam tahun ke depan.

Dalam uji terbang ini, SpaceX membidik ketinggian 8 mil. Prototipe roket Starship skala penuh yang terbuat dari baja tahan karat ini sempat mengudara di atas Teluk Meksiko, sekitar 5 menit kemudian berbelok seperti yang direncanakan dan menurunkan ketinggian di ujung Texas, dekat perbatasan Meksiko.

Roket itu meledak pada tahap paling akhir, saat berupaya mendarat secara vertikal atau tegak lurus.

"Tekanan tangki header bahan bakar selama pendaratan memicu kebakaran, menyebabkan kecepatan pendaratan menjadi tinggi dan RUD, tapi kita mendapatkan semua data yang dibutuhkan! Selamat tim SpaceX!!" tulis Musk yang menjabat CEO SpaceX via akun Twitternya.

"Mars, kita datang!!" imbuhnya dengan nada bersemangat.

Roket Starship yang dilengkapi dengan hidung kerucut, penutup bodi dan tiga mesin ini, ditargetkan mencapai ketinggian 8 mil (12,5 kilometer). Angka itu nyaris 100 kali lipat lebih tinggi dari lompatan sebelumnya dan melewati stratosfer.

Starship yang berukuran tinggi 50 meter dan diameter 9 meter ini tampaknya berhasil mencapai target ketinggian atau paling tidak mendekatinya. Belum ada pernyataan resmi dari SpaceX soal ketinggian yang berhasil dicapai roket Starship ini.

Uji terbang terbaru pada Rabu (9/12) waktu setempat ini berlangsung selama 6 menit 42 detik. SpaceX menayangkannya secara langsung via streaming pada situs resminya.

"Peluncuran yang berhasil, peralihan ke tangki header dan kontrol flap yang tepat ke titik pendaratan!" klaim Musk dalam pernyataannya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Populer

Berita Pilihan

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.