Rawan Diambil Ahli Waris, Al Haris Dukung Percepatan Sertifikasi Tanah Wakaf

By Chelba Polanda 27 Apr 2022, 21:09:46 WIB Daerah
Rawan Diambil Ahli Waris, Al Haris Dukung Percepatan Sertifikasi Tanah Wakaf

Gubernur Jambi Al Haris mendukung dan mendorong percepatan program sertifikasi tanah wakaf. Al Haris mengatakan program sertifikasi tanah wakaf merupakan komitmen pemerintah dalam memastikan legalitas tanah wakaf sehingga aman dari potensi hilang atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

“Tanah wakap ini rawan diambil kembali ahli warisnya, karena itu kita berharap apa yang menjadi hak wakap ada legalitas hukumnya dengan adanya sertipikat,” kata Al Haris pada acara penyerahan sertipikat tanah wakap di kantor BPN Jambi, Senin (25/04/2022).

Terkait percepatan sertifikasi tanah wakap, dikatakan Al Haris dirinya bersama BPN Jambi dan pihak terkait akan membahas itu dengan serius, dan akan melakukan pendataan seluruh tanah wakap yang berada di kabupaten/kota di Provinsi Jambi.

“Ini suatu langkah kita mulai bersama, ini (program percepatan sertifikasi tanah wakap) kita bicara serius dengan BPN nanti, kita perlu data berapa tanah Wakap di kabupaten dan kota untuk kita buatkan sertipikatnya,” ujar Al Haris.

Sementara itu, Kakanwil BPN Jambi Wartomo mengatakan sertifikasi tanah wakaf merupakan komitmen pemerintah dalam memastikan legalitas tanah wakaf. Melalui sertifikasi ini diharapkan aset-aset wakaf terjaga legalitasnya dan memudahkan dalam pengelolaannya.

“Ini tujuannya supaya tanah wakap mempunyai legalitas hukum, untuk memudahkan dalam pengelolaannya. Namun masih banyak PR yang harus kita selesaikan untuk sertifikasi tahan wakap ini,” katanya.

Sebelum menyerahkan sertipikat tanah wakap secara simbolis, Al Haris bersama pimpinan Forkopimda Provinsi Jambi mengikuti penyerahan sertifikat tanah wakap oleh Wakil Presiden secara virtual.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Populer

Berita Pilihan

View all comments

Write a comment