Oktober, NTP Riau Tertinggi di Sumatera

By Chelba Polanda 05 Nov 2020, 14:57:21 WIB Ekonomi
Oktober, NTP Riau Tertinggi di Sumatera

Keterangan Gambar : Ilustrasi petani. (Foto: Shutterstock/fenlioq)


Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, Misfaruddin mengatakan bahwa nilai tukar petani (NTP) di Provinsi Riau pada Oktober 2020 adalah 123,61 atau naik sebesar 2,21 persen.

"NTP Riau naik sebesar 2,21 persen menjadi 123,61 dibandingkan dengan NTP September 2020 yaitu 120,94. Hal ini disebabkan harga barang atau produk pertanian l yang dihasilkan oleh rumah tangga mengalami kenaikan sebesar 2,49 persen relatif lebih tinggi dibandingkan dengan kenaikan indeks harga yang dibayar petani sebesar 0,28 persen," kata Misfaruddin di Pekanbaru, Kamis (5/11/2020).

Sedangkan indeks harga konsumsi rumah tangga mengalami kenaikan sebesar 0,37 persen, begitu juga indeks harga yang dibayar untuk keperluan produksi naik yaitu sebesar 0,01 persen.

Baca Lainnya :

Sementara itu pada bulan lalu juga, ada delapan provinsi di Pulau Sumatera mengalami kenaikan NTP. Bangka Belitung menjadi provinsi dengan kenaikan NTP tertinggi. Sebaliknya dua provinsi lainnya mengalami penurunan NTP yaitu Provinsi Lampung dan Aceh

"Namun dibandingkan NTP provinsi lainnya yang ada di Pulau Sumatera, Riau menduduki peringkat ke-1 sebagai provinsi dengan NTP tertinggi," ujarnya. 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Populer

Berita Pilihan

View all comments

Write a comment