Mengadaptasi Metaverse, Ini Sejumlah Inovasi Baznas

By Chelba Polanda 10 Mar 2022, 15:23:20 WIB Teknologi
Mengadaptasi Metaverse, Ini Sejumlah Inovasi Baznas

Kabarbawah.com|Pekanbaru - Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI Noor Achmad mengungkapkan, Baznas telah meluncurkan berbagai inovasi baru, salah satu yang terbaru adalah layanan konsultasi zakat melalui dunia metaverse. Demikian Ia sampaikan dalam kepada wartawan, kemarin.

Keterangan Noor yang dikutip Kabarbawah.com, Kamis (10/3/2022) menyebut, dalam inovasi zakat dunia metaverse ini muzaki akan diajak menyelami pengalaman baru dalam berinteraksi dengan petugas layanan, khususnya dalam berkonsultasi terkait zakat dan kemudahan pembayaran ZIS di Baznas.

Inovasi baru lainnya yakni mengoptimalisasi pengelolaan layanan muzaki secara nasional melalui Baznas daerah. Program ini akan fokus pada layanan omnichannel dan notifikasi pada 100 Baznas daerah. Layanan omnichannel atau muzaki care platform ini mengintegrasikan pesan dari beragam kanal (email dan WhatsApp) berada pada satu dashboard. Adapun Layanan notifikasi WhatsApp merupakan pelayanan notifikasi penerimaan ZIS yang akan dikirimkan oleh Baznas berisi doa ZIS dan link untuk Bukti Setoran Zakat.

"Baznas juga memiliki program baru bernama Interactive Voice Response (IVR) Ramadan, yakni sistem panggilan suara otomatis dari nomor kantor Baznas, dengan durasi 1 menit yang akan dikirimkan kepada muzaki Baznas. IVR ini akan disampaikan kepada muzaki dalam dua waktu berbeda, yakni ketika sahur sebagai pengingat sahur dan penyampaian hadist sebelum adzan Magrib," kata Noor.

Noor menambahkan, ada pula private class yang ditujukan kepada muzaki Baznas yang ingin memperdalam membaca Al-Quran secara private dipandu oleh pengajar Baznas. Agar muzaki mengetahui ke mana zakatnya disalurkan, Baznas juga akan menyampaikan video berdurasi satu menit dan menyapa muzaki secara personal.

"Semakin mudah masyarakat menunaikan zakatnya, maka kami yakin semakin tinggi pula penghimpunan zakat Baznas. Hal itu juga akan berdampak baik kepada semakin banyak asnaf yang mendapatkan manfaat zakat," kata Noor.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Populer

Berita Pilihan

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.