Memanfaatkan Revolusi Industri 4.0

By Haris Setiawan 03 Nov 2020, 17:20:44 WIB Teknologi
Memanfaatkan Revolusi Industri 4.0

Kabarbawah.com - Dalam perkembangan sejarah umat manusia, kita telah melihat banyak dinamika serta persoalan di kehidupan baik secara ekonomi, politik, pendidikan, kebudayaan serta bidang lainnya.

Perkembangan umat manusia telah meciptakan kemajuan peradaban dari zaman ke zaman.

Revolusi industri yang terjadi pada periode 1750-1850 di inggris dengan ditemukannya mesin uap telah melahirkan sejarah baru, dimana teknologi mampu membantu meringankan penggunaan tanaga manusia.

Baca Lainnya :

Terjadinya perubahan secara besar-besaran di bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi, dan teknologi telah meningkatkan taraf hidup khususnya dalam hal peningkatan pertumbuhan penduduk dan pendapatan rata-rata berkelanjutan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Selama dua abad setelah Revolusi Industri, rata-rata pendapatan perkapita negara-negara di dunia meningkat lebih dari enam kali lipat. Seperti yang dinyatakan oleh pemenang Hadiah Nobel, Robert Emerson Lucas, bahwa: "Untuk pertama kalinya dalam sejarah, standar hidup rakyat biasa mengalami pertumbuhan yang berkelanjutan.

Perilaku ekonomi yang seperti ini tidak pernah terjadi sebelumnya Namun temuan itu juga melahirkan suatu tatanan masyarakat baru dengan pemanfaatan perkembangan teknologi sebagai jalan kehidupan demi memajukan  masyarakat dalam bernegara.

Pada hari ini perkembangan teknologi telah mencapai tahapan revolusi industri (4.0). Apakah itu revolusi industri 4.0? menurut Schlechtendahl (2015) revolusi industri 4.0 menekankan definisi kepada unsur kecepatan dari ketersediaan informasi, yaitu sebuah lingkungan industri di mana seluruh entitasnya selalu terhubung dan mampu berbagi informasi satu dengan yang lain.

Poin penting dari revolusi industri 4.0 adalah penggabungan teknologi digital dan internet sebagi penunjang kerja manusia, pemanfaatan teknologi digital serta internet untuk melakukan berbagai aktifitas produksi serta tranparansi informasi pada birokrasi pemerintahan.

Di indonesia sendiri, sebagai negara besar dan kaya, kita masih jauh ketertinggalan dalam pemanfaatan kemajuan teknologi baik di bidang digital maupun internet.

Masih banyak daerah-daerah tertinggal yang belum mampu mengakses dan mendapatkan informasi secara cepat, serta pembangunan insfrastruktur pendukung untuk menopang perkembangan teknologi belum memadai.

Dapat dilihat dari beberapa kasus bagaimana impact dari ketertinggalan penggunaan teknologi terkhusus di bidang pelayanan administrasi publik, masyarakat sering mengalami kesulitan dalam proses pembuatan dokumen maupun surat menyurat.

Pemanfaatan teknologi dengan penggunaan secara baik sebenarnya mampu menjawab problem serta kendala kendala yang di hadapi oleh birokrasi pemerintahan terkhusus wilayah administrasi dan pelayanan publik.

Terintegrasinya sistem dari desa ke kabupaten sehingga data data dari desa mampu di gunakan untuk pendataan secara baik oleh pihak terkait di kabupaten menjadi salah satu solusi.

Selain itu, perbaikan sistem dengan kemajuan teknologi di desa-desa harus didorong sehingga dapat memperbaiki pendataan kependudukan, transparansi alokasi dana desa yang selama ini menjadi problem pada daerah-daerah tertinggal sehingga mampu menciptakan peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap birokrasi dan instansi pemerintahan dari tingkat desa sampai level provinsi.

Dari desa harus dimulai pelatihan dan penerapan penggunaan teknologi sebagai penunjang kinerja dari perangkat desa, penggunaan sistem pendataan terpadu sehingga masyarakat mampu melihat perkembangan desa melalui website desa yang telah diperbaharui.

Revolusi industri 4.0 ini menjadi embrio untuk revolusi administrasi dan pelayanan publik yang di mulai dari tingkatan desa, sehingga sistem pemerintahan mampu berjalan secara baik dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

Desa menjadi titik awal perkembangan dan peradaban pembangunan bangsa maka harus dimulai dari kawasan terkecil dari sebuah negara yaitu DESA.

Karena zaman akan semakin berkembang dan masyarakat akan dihadapkan pada perkembangan teknologi yang semakin pesat, mengharuskan perubahan sejak dini sehingga kita, dan masyarakat yang lain tidak tergerus oleh zaman itu sendiri. (HS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Populer

Berita Pilihan

View all comments

Write a comment