Komnas HAM: Penembakan 4 Anggota Laskar FPI Oleh Kepolisian Itu Pelanggaran HAM

By Chelba Polanda 09 Jan 2021, 15:23:15 WIB Hukum
Komnas HAM: Penembakan 4 Anggota Laskar FPI Oleh Kepolisian Itu Pelanggaran HAM

Keterangan Gambar : Komnas Ham Beberkan Barang Bukti Terkait Tewasnya 6 Laskar FPI. ©2020 Kabarbawah.com/Faizal Fanani


Kabarbawah.com - Komisioner Komnas HAM Mohammad Choirul Anam menyatakan, pihaknya sudah merumuskan kalau terdapat faktor pelanggaran Hak Asasi Manusia( HAM) dalam perkara penembakan 6 laskar Front Pembela Islam( FPI) di Tol Jakarta- Cikampek. Ia juga membagi pokok masalah dari kejadian itu.

 mula- mula, bahwa benar terdapat upaya pembuntutan oleh petugas kepolisian Polda Metro Jaya terhadap Pimpinan FPI Rizieq Syihab terkait keberadaan serta pemeriksaan perkara dugaan pelanggaran protokol kesehatan Covid- 19. Setelah itu kedua, ada keadaan saling serempet antara mobil laskar FPI dan petugas kepolisian, apalagi saling serbu memakai senjata api.

" Kalau di Kilometer 50 dua anggota laskar ditemui sudah wafat tapi 4 anggota lainnya masih hidup serta dibawa petugas kepolisian," Ujar Choirul di Kantor Komnas HAM, Jumat( 8/ 1/ 2021).

Baca Lainnya :

Menurut Choirul, pelanggaran HAM berlangsung dalam peristiwa ketiga, ialah penembakan terhadap 4 anggota laskar FPI yang masih hidup saat dibawa oleh petugas kepolisian.

"Bahwa kejadian tersebut masuk dalam pelanggaran HAM," jelas Choirul.

Choirul berkata, pihaknya cuma memperoleh data dari satu pihak saja ialah Polda Metro Jaya kalau terjalin perlawanan dari 4 laskar FPI sehingga dicoba aksi tegas terukur serta menimbulkan wafat dunia. Penembakan 4 orang dalam satu waktu ini dinilai tanpa adanya upaya petugas menghindari terdapatnya korban jatuh yang lain.

" Yang 4 Korban ini Pihak Kami Menyebutnya sebagai peristiwa pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM)," Tegas Choirul. 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Populer

Berita Pilihan

View all comments

Write a comment