Kegiatan Pelatihan Membatik Bagi Pelajar, Resmi Di Buka Oleh Bupati Inhil HM.Wardan

By Chelba Polanda 08 Okt 2021, 08:36:06 WIB Daerah
Kegiatan Pelatihan Membatik Bagi Pelajar, Resmi Di Buka Oleh Bupati Inhil HM.Wardan

Kabarbawah.com|Tembilahan - Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional,Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Kabupaten Indragiri Hilir mengadakan kegiatan pelatihan membatik yang ditujukan bagi pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) Sederajat.

Acara pelatihan ini dibuka secara langsung oleh Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Drs.HM.Wardan MP, yang ditandai dengan pemasangan ID Card secara simbolis oleh Bupati kepada perwakilan peserta,di Aula Hotel Top 5,kamis (08/10/2010) siang.

Pelatihan membatik ini,diikuti oleh 45 orang siswa dan siswi yang berasal dari SLTA sederajat,diantaranya SMA Negeri 2 Tembilahan,SMK Negeri 2 Tembilahan dan Pondok Pesantren putri AL-Imtinan Tembilahan Hulu.

Baca Lainnya :

Tutut hadir pada kesempatan tersebut,Ketua Dekranasda Inhil Hj.Zulaikah Wardan beserta wakil Anita Primawati Syamsudin,sejumlah Pimpinan OPD,Kepala Kantor Kemenag Inhil,ketua Dharma Wanita (DW),sekretaris Disdagtri,kepala sekolah,guru pembimbing dan para peserta pelatihan.

Bupati HM.Wardan dalam sambutanya menyampaikan apresiasinya dan mendukung kegiatan pelatihan membatik yang diadakan oleh Dekranasda kabupaten Indragiri Hilir.

Bupati berharap kegiatan pelatihan membatik ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan,guna menghasilkan para pembatik yang inovatif yang juga turut mengembangkan batik khas dari kabupaten Indragiri Hilir.

Senada dengan Bupati,Ketua Dekranasda Hj.Zulaikah Wardan menyampaikan kegiatan pelatihan ini merupakan program dari dekranasda untuk meningkatkan kemampuan dan kreatifitas masyarakat Inhil,dalam menghasilkan produk kerajinan batik yang semakin berkualitas dan inovatif.

"Pelatihan seperti ini sangat perlu untuk terus diadakan,agar generasi muda di Inhil merasa terpanggil untuk mencintai,mempelajari dan melestarikan warisan budaya indonesia ini,terutama terhadap batik dari Indragiri Hilir",ujar Hj.Zulaikah.

Lebih lanjut dikatakan Hj.Zulaikah,Dekranasda telah mengembangkan batik dengan berbagai motif khas Indragiri Hilir diantaranya ; Batik bermotif mayang terurai,kelapa berpadu,kiambang berpandan,kiambang berkelok,kiambang merajut,daun pidada,kiambang raja dan kiambang berlapis.

"Saya berharap setelah kegiatan pelatihan membatik ini, akan lahir para pengerajin batik yang handal untuk melakukan inovasi dalam membuat batik dengan motif lain,sehingga Batik dari Kabupaten Indragiri Hilir bisa dikenal secara nasional maupun internasional",tutupnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Populer

Berita Pilihan

View all comments

Write a comment