Kanada Beri Bantuan Hampir 1 T Rupiah untuk Badan Pengungsi Palestina

By Chelba Polanda 22 Des 2020, 13:26:59 WIB Sekitar Kita
Kanada Beri Bantuan Hampir 1 T Rupiah untuk Badan Pengungsi Palestina

Keterangan Gambar : Ilustrasi (Dok. Reuters)


Kabarbawah.com - Otoritas Kanada mengumumkan pihaknya akan memberikan bantuan pendanaan sebesar CAN$ 90 juta (Rp 999 juta) untuk Badan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) bagi Pengungsi Palestina (UNRWA). Bantuan diberikan saat UNRWA mengalami kesulitan keuangan usai pemotongan pendanaan dari Amerika Serikat (AS).

Seperti dilansir AFP, Selasa (22/12/2020), bantuan keuangan dari Kanada yang besarnya nyaris mencapai Rp 1 triliun itu akan diberikan dalam waktu tiga tahun ke depan. Bantuan itu diberikan setelah bulan lalu, kepala UNRWA memperingatkan bahwa lembaganya menghadapi 'krisis keuangan terburuk' yang pernah ada.

UNRWA diketahui mengelola sekolah-sekolah dan memberikan layanan kesehatan juga bantuan kemanusiaan terhadap sekitar 5,7 warga Palestina yang berstatus pengungsi.

Baca Lainnya :

"Dukungan ini akan membantu menghadapi meningkatnya kebutuhan pengungsi Palestina yang rentan di lima area operasional UNRWA (Tepi Barat, Gaza, Suriah, Lebanon dan Yordania)," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Kanada.

Ditambahkan bahwa bantuan itu akan memungkinkan lebih dari setengah juta anak untuk menerima pendidikan berkualitas dan akan membantu membiayai lebih dari 140 klinik kesehatan, serta menyediakan tempt tinggal dan makanan bagi para pengungsi yang kurang mampu.

"Kebutuhan pengungsi Palestina tidak bisa disangkal, khususnya selama pandemi global. Mereka menghadapi tingkat kemiskinan tinggi, ketidakamanan pangan dan pengangguran," sebut Menteri Pembangunan Internasional Kanada, Karina Gould.

Perdana Menteri (PM) Kanada, Justin Trudeau, memulihkan bantuan untuk UNRWA tahun 2016, setelah selama empat tahun sebelumnya mengalami pemotongan oleh pendahulunya yang konservatif, PM Stephen Harper.

Dari tahun 2016-2019, otoritas Kanada mengucurkan CAN$ 110 juta untuk mendukung UNRWA. Pada April lalu, Kanada juga memberikan dana sebesar CAN$ 1,5 juta untuk membantu para pengungsi Palestina menghadapi pandemi virus Corona (COVID-19).

Israel sejak lama mendorong penutupan UNRWA dengan berargumen bahwa badan PBB itu membantu melanggengkan konflik dengan Palestina. Israel mengkritik metode dalam mengklasifikasikan pengungsi Palestina karena keturunan mereka juga memenuhi syarat untuk status tersebut.

Pemerintahan Presiden AS, Donald Trump, mendukung posisi Israel dengan memotong pendanaan untuk UNRWA tahun 2018. AS diketahui telah memberikan dana US$ 300 juta setahun untuk UNRWA, kira-kira sepertiga dari anggaran tahunan inti badan tersebut.

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Populer

Berita Pilihan

View all comments

Write a comment