Ibu Rumah Tangga Bakal Dapat Bantuan Langsung Tunai

By Chelba Polanda 05 Jan 2021, 13:36:40 WIB Sekitar Kita
Ibu Rumah Tangga Bakal Dapat Bantuan Langsung Tunai

Keterangan Gambar : Ilustrasi bantuan langsung tunai. (int)


Kabarbawah.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan, untuk menekan angka kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) pemerintah menyiapkan program bantuan langsung tunai (BLT) untuk ibu rumah tangga (IRT).

Dikutip dari sindonews.com, Sri Mulyani mengatakan pandemi Covid-19 ternyata juga berdampak meningkatkan KDRT.

''Kondisi covid ini banyak fenomena di mana kekerasan rumah tangga meningkat,'' kata Sri Mulyani dalam video virtual, Senin (4/11/2021).

Baca Lainnya :

Meningkatnya kekerasan dalam rumah tangga ini, menurut Sri, wajib diwaspadai. Sebab, pandemi Covid-19 secara tidak langsung menyerang kesehatan mental.

''Ini harus waspadai, jadi bukan hanya kualitas uang yang berdampak efek Covid-19 saja, tapi dari sisi mental dan kesehatan masyarakat harus kita waspadai,'' ujarnya.

Dituturkannya, untuk melindungi perempuan, Kementerian Keuangan telah menyiapkan program BLT kepada ibu rumah tangga untuk menekan tingkat kekerasan dalam rumah tangga.

Tujuan pemberian bantuan tersebut, kata Sri, agar dapur rumah tangga tetap ngebul.

''Kita siapkan anggaran, tapi nanti ibu rumah tangga yang menerima untuk mengatasi kebutuhan dapur. Jadi PKH ini memang ditujukan untuk perempuan,'' ungkapnya.

Sebagai informasi, pemerintah menyiapkan alokasi anggaran Rp695,2 triliun untuk melaksanakan program PEN sepanjang tahun ini dalam rangka menyelamatkan masyarakat dari tekanan pandemi Covid-19.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Populer

Berita Pilihan

View all comments

Write a comment