Ditetapkan sebagai Tersangka, Kepala Dinas ESDM Riau mengajukan praperadilan

By Chelba Polanda 14 Okt 2021, 14:01:01 WIB Sekitar Kita
Ditetapkan sebagai Tersangka, Kepala Dinas ESDM Riau mengajukan praperadilan

Keterangan Gambar : Rizki JP Poliang, SH, MH, kuasa hukum Kadis ESDM Riau, Indra Agus Lukman.


Kabarbawah.com|Teluk Kuantan - Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Riau, Indra Agus Lukman mengajukan praperadilan atas penetapannya sebagai tersangka oleh Kajari Kuantan Singingi (Kuansing), Hadiman. Permohonan praperadilan tersebut telah didaftarkan ke Pengadilan Negeri (PN) Telukkuantan pada Rabu (13/10/2021) kemarin.

"Kemarin kami mengajukan praperadilan di PN Telukkuantan, sekitar pukul 15:15 WIB," kata Rizki JP Poliang, SH, MH, kuasa hukum Indra Agus Lukman, Kamis (14/10/2021) pagi di Telukkuantan.

Indra Agus Lukman ditetapkan sebagai tersangka oleh Kajari Kuansing, Hadiman atas dugaan korupsi kegiatan Bimtek di Dinas ESDM Kuansing tahun 2013-2014, serta surat penetapan tersangka nomor B -1660/L.4.18/Fd.1 /10/2021 tanggal 12 Oktober 2021.

Baca Lainnya :

"Persidangan ini menyangkut legalitas atau tidaknya penetapan tersangka terhadap klien kami," kata Rizki.

Rizki menilai ada cacat formal dalam proses penelitian dan investigasi dalam hal ini. Kemudian juga bertentangan dengan Peraturan Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor PERJA-039/A/JA/10/2010 tentang Tata Usaha Negara dan Teknis Penanganan Perkara Pidana Khusus.

“Di sisi lain, kami menilai proses penyidikan dan penyidikan untuk menetapkan tersangka terhadap klien kami dilakukan dalam waktu yang relatif singkat. Rizki menjelaskan.

Atas dasar itu, Rizki menduga ada upaya penetapan tersangka terhadap Indra Agus Lukman dalam hal ini. Pasalnya, Indra Agus dipanggil pada 12 Oktober 2021 sebagai saksi dan hari itu juga ditetapkan sebagai tersangka. "Kemarin statusnya masih dalam tahap penelitian dan belum penyidikan."

"Kami minta Kajari Kuansing untuk hadir dan duduk di konferensi nanti. Jangan hanya mengirim bawahan atau bahkan menonton di kursi pengunjung," tutup Rizki.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Populer

Berita Pilihan

View all comments

Write a comment