Disdukcapil Pekanbaru Mulai Terapkan e-KTP Digital

By Chelba Polanda 09 Mar 2022, 13:42:14 WIB Teknologi
Disdukcapil Pekanbaru Mulai Terapkan e-KTP Digital

Kabarabawah.com|Pekanbaru - Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru, Irma Novrita mengatakan saat ini penerapan e-KTP digital masih dilakukan dalam lingkungan Disdukcapil. Pasalnya, hal itu masih dalam tahap uji coba.

"Kita sudah menerapkan e-KTP digital di lingkungan internal. Tetapi penerapan e-KTP digital ini belum merambah ke masyarakat," ujarnya, Rabu (9/3/2022).

Menurutnya, Kota Pekanbaru ditunjuk oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menerapkan e_KTP digital. Selain Pekanbaru, ada 57 kabupaten/kota lain yang dipilih Dirjen Dukcapil untuk uji coba ini.

Ia berharap, aplikasi e-KTP digital sudah bisa diresmikan sebelum akhir masa jabatan Walikota Firdaus dan Wakil Wali Kota Ayat Cahyadi. Dengan e-KTP ini, maka identitas diri dari seorang warga, seperti yang tertera pada e-KTP fisik, seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap, tanggal lahir, alamat, dan sebagainya dapat dimuat dalam satu aplikasi.

Sistem e-KTP digital dinilai seperti aplikasi PeduliLindungi. Selain identitas pribadi, e-KTP digital juga bakal memuat data lain yang terintegrasi dengan NIK, seperti Kartu Keluarga, Kartu Vaksin Covid-19, NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), Kepemilikan Kendaraan, dan sebagainya.

Sehingga, e-KTP digital ini memungkinkan warga tidak perlu lagi membawa e-KTP fisik, begitu juga saat mengurus kebutuhan administrasi menggunakan data identitas diri nantinya juga tidak perlu menggunakan e-KTP fisik.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Populer

Berita Pilihan

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.