Dinas Kesehatan Inhil Gelar Simulasi Vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Gajah Mada

By Chelba Polanda 10 Jan 2021, 13:51:52 WIB Kesehatan
Dinas Kesehatan Inhil Gelar Simulasi Vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Gajah Mada

Keterangan Gambar : Simulasi layanan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Gajah Mada, Tembilahan, Jumat (8/1/2021).


Kabarbawah. com - Puskesmas Gajah Mada bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir( INHIL), sudah menggelar Simulasi Vaksinasi Covid- 19.

Simulasi yang diselenggarakan di Puskesmas Gajah Mada, pada Jumat( 8/ 1/ 2021) kemarin, dipantau oleh Kepala Bidang( Kabid) Pelayanan Kesehatan Diskes Inhil, Ns Matzen serta disaksikan oleh pihak Diskes Provinsi Riau.

Simulasi tersebut meliputi tahapan registrasi, screening( pemindaian), sampai penyuntikan vaksin.

Baca Lainnya :

Sebanyak 3. 679 tenaga kesehatan( nakes) serta non tenaga kesehatan di Inhil sudah terdata.

Kabid Pelayanan Kesehatan Diskes Inhil, Ns Matzen menarangkan, ada 3 sesi vaksinasi yang hendak dicoba oleh Diskes Inhil, pada sesi 1 pada bulan Januari- April yang merupakan tahapan vaksinasi bagi nakes.

Sesi 2, merupakan vaksinasi untuk pelayanan publik yang bertugas di garda terdepan Tentara Nasional Indonesia(TNI), Polri, Satgas covid 19 serta lainnya) serta sesi 3 vaksinasi untuk masyarakat.

" Kepada nakes yang masih produktif diimbau seluruhnya harus menjajaki vaksinasi ini. Telah kita sosialisasikan ini, nakes bagaikan role model( contoh) warga ke depan," kata Matzen usai simulasi vaksin di Puskesmas Gajah Mada Tembilahan.

Tetapi terdapat sebagian perihal yang wajib dicermati saat sebelum penyuntikan vaksin ini, antara lain, ketentuan umur 18- 59 tahun, tidak mempunyai penyakit bawaan( kormobid).

" Wajib bagi yang memenuhi kriteria buat vaksinasi. Makanya nanti kita screening buat mengenali apakah dapat disuntikan vaksin," ucapnya.

Buat jumlah nakes yang hendak di vaksinasi, disebutkan Matzen, bersumber pada informasi manual yang dikumpulkan Diskes Inhil, ada 2. 887 nakes yang telah terdaftar sampai 5 Januari 2021.

Tidak hanya nakes ada pula non nakes yang hendak menjajaki vaksinasi sebanyak 792 petugas, sehingga total 3679 nakes serta non nakes yang terdata sampai tanggal tersebut.

Non nakes ialah petugas yang pula bertugas di faskes, semacam, cleaning servis, petugas pembawa jenazah covid, supir ambulance serta yang lain yang bersentuhan langsung dalam penindakan covid 19 di lapangan.

" Kita pada dasarnya telah melaksanakan persiapan serta sosialisasi di segala faskes untuk petugas serta nakes yang ikut serta. Nakes yang terdaftar vaksinasi hendak ditunjukan lewat aplikasi buat menjajaki proses layanan vaksinasi yang sudah didetetapkan," tandasnya.* 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Populer

Berita Pilihan

View all comments

Write a comment