Daftar SNMPTN 2021 atau KIP Kuliah Dulu? Simak Alur Registrasinya

By Chelba Polanda 16 Feb 2021, 12:57:32 WIB Pendidikan
Daftar SNMPTN 2021 atau KIP Kuliah Dulu? Simak Alur Registrasinya

Keterangan Gambar : Ilustrasi Ujian Masuk Perguruan tinggi. FOTO/Istockphoto


Kabarbawah.com - Registrasi SNMPTN 2021 lewat portal.ltmpt.ac.id dapat dilakukan mulai hari Senin( 15/ 2/ 2021). Siswa yang secara ekonomi tidak sanggup, namun hendak mengikuti SNMPTN 2021 dapat mendaftar KIP Kuliah buat mendapatkan dukungan beasiswa.

Registrasi KIP Kuliah buat SNMPTN telah dapat dilakukan pada Minggu( 14/ 2/ 2021). Dilansir dari halaman resmi KIP Kuliah, registrasi buat jalur SNMPTN ini akan berlangsung sepanjang 10 hari, tepatnya sampai 23 Februari 2021.

KIP Kuliah sendiri sudah dibuka pendaftarannya semenjak 8 Februari 2021 untuk pembuatan akun serta bakal ditutup pada 31 Oktober 2021. Pendaftaran KIP Kuliah dapat dilakukan saat sebelum siswa melaksanakan registrasi SNMPTN/ SBMPTN/ jalur pilih lainnya, berikut alurnya:

Baca Lainnya :

  1. Log in ke halaman kip-kuliah.kemdikbud.go.id ataupun di KIP Kuliah mobile apps.
  2. Input NIK, NISN, NPSN serta alamat email.
  3. Validasi NISN serta NPSN( DAPODIK KEMENDIKBUD) ataupun validasi NIK dan bantuan sosial( DTKS KEMENSOS).
  4. Seletah NISN, NPSN serta KIP valid maka siswa mendapat No Pendaftaran serta Kode Akses.
  5. Siswa menuntaskan proses pendaftaran KIP Kuliah.
  6. Mendaftar serta mengikuti seleksi Perguruan Tinggi( PT) sesuai jalur masuk( SNMPTN/ SBMPTN/ SNMPN/ SBMPN/ Mandiri) pada Panitia Seleksi Nasional ataupun Panitia Seleksi Masuk PT.
  7. Sesudah diterima di Perguruan Tinggi hingga lakukan verifikasi bila dibutuhkan.
  8. Penerima KIP Kuliah ditetapkan oleh Puslapdik atas usulan Perguruan Tinggi setelah mahasiswa melaksanakan pendaftaran di Perguruan Tinggi.


KIP Kuliah 2021 memberikan pembiayaan sebagai berikut:

  • Pendaftaran KIP- Kuliah tidak dikenakan biaya.
  • Bebas bayaran pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi.
  • Subsidi pengeluaran hidup sebesar Rp700. 000/ bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan pengeluaran hidup di masing masing wilayah.

Cara Mendaftar KIP Kuliah 2021

Tata cara pendaftaran KIP Kuliah buat segala jalur masuk( SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN serta Mandiri) dicoba secara online lewat halaman KIP Kuliah yakni kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Registrasi Akun di SIM KIP Kuliah bisa dilakukan lewat 2 cara yakni siswa bisa mendaftar secara mandiri atau perguruan tinggi bisa mendaftarkan mahasiswa yang telah diterima serta melakukan registrasi.

Registrasi pula bisa dilakukan secara mobile dengan terlebih dahulu mengunduh dan melakukan instalasi KIP

Kuliah mobile apps berbasis android di Play Store.

Calon penerima wajib mempunyai email yang aktif buat pengiriman No Registrasi serta Kode Akses sesudah sistem KIP Kuliah sukses melaksanakan validasi NIK, NISN serta NPSN.

Tahapan pendaftaran KIP Kuliah 2021:

  1. Siswa melaksanakan Registrasi Akun secara mandiri di SIM KIP Kuliah lewat halaman kip- kuliah. kemdikbud. go. id ataupun lewat KIP Kuliah mobile apps berbasis android;
  2. Pada saat registrasi, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN serta alamat email yang aktif;
  3. Sistem KIP Kuliah berikutnya akan melakukan validasi NIK, NISN serta NPSN dan kelayakan memperoleh KIP Kuliah;
  4. Bila proses validasi sukses, Sistem KIP Kuliah berikutnya bakal mengirimkan No Registrasi serta Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan;
  5. Siswa masuk ke dalam SIM KIP Kuliah dengan memasukkan No Registrasi serta Kode Akses buat menuntaskan proses registrasi KIP Kuliah serta memilah proses seleksi yang hendak diikuti( SNMPTN/ SBMPTN/ SNMPN/ SBMPN/ Mandiri);
  6. Siswa menuntaskan proses registrasi di portal ataupun SIM KIP Kuliah sesuai jalur seleksi yang dipilih pada seleksi nasional ataupun pada seleksi masuk di perguruan tinggi;
  7. Untuk calon penerima KIP Kuliah yang sudah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan selaku calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Populer

Berita Pilihan

View all comments

Write a comment