Cara Mengatur WiFi Dengan Benar
Cara Mengatur WiFi Dengan Benar

By Mayangsari 25 Des 2020, 20:46:55 WIB Teknologi
Cara Mengatur WiFi Dengan Benar

Cara Mengatur WiFi Dengan Benar - Wi-Fi adalah cara termudah untuk membuat jaringan dan mendapatkan broadband di mana pun di rumah Anda. Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan cara mengatur dan menggunakan broadband Wi-Fi menggunakan router broadband rumah nirkabel Anda. Anda juga akan menemukan tip untuk mengamankan Wi-Fi, meningkatkan sinyal nirkabel yang lemah dan memecahkan masalah umum.

Sebelum kamu memulai

Untuk menggunakan broadband nirkabel di rumah, Anda memerlukan router nirkabel. Router harus disediakan oleh ISP Anda , dan biasanya gratis .

Seringkali mungkin untuk menggunakan router Anda sendiri jika itu lebih disukai tetapi periksa dengan ISP terlebih dahulu karena tidak semuanya mengizinkan ini. Router nirkabel akan menyertakan adaptor daya, kabel untuk broadband / soket telepon, setidaknya satu kabel jaringan dan - tergantung pada jenis broadband - satu atau dua filter mikro.

Baca Lainnya :

Dalam beberapa kasus, penyedia mungkin menyediakan modem dan router nirkabel terpisah. Jenis pengaturan ini hanya sedikit berbeda dan tidak rumit untuk dipasang, tetapi Anda memerlukan soket daya tambahan.

Kabel ekstensi yang diproteksi lonjakan adalah opsional, tetapi sangat disarankan. Ini tidak mahal dan akan melindungi elektronik Anda jika terjadi lonjakan listrik. Ingatlah bahwa Anda perlu mengganti pelindung lonjakan arus setiap beberapa tahun karena menjadi kurang efektif dari waktu ke waktu.

Meningkatkan kekuatan dan jangkauan sinyal Wi-Fi

Wi-Fi hebat saat berfungsi, tetapi sinyalnya relatif pendek dan dapat diblokir oleh dinding atau dipengaruhi oleh gangguan dari peralatan rumah tangga dan jaringan lain.

Anda dapat memperoleh akses Wi-Fi cepat di seluruh rumah Anda, termasuk taman, tetapi untuk melakukannya, Anda harus memastikan jaringan Anda beroperasi secara efisien dan mungkin berinvestasi dalam beberapa perangkat keras tambahan.

Optimalkan penempatan router Wi-Fi Anda

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari Wi-Fi Anda, router harus dipasang di posisi sentral di rumah, jauh dari dinding dan sumber gangguan seperti peralatan dapur dan telepon nirkabel.

Pilih saluran Wi-Fi yang tenang

Jaringan Wi-Fi beroperasi di berbagai saluran dalam pita frekuensinya, dan jika ada banyak jaringan nirkabel lain di area yang berbagi saluran yang sama, hal itu dapat memengaruhi kinerja. Biasanya, Anda baik-baik saja membiarkannya dalam keadaan otomatis dan membiarkan router memutuskan, tetapi secara manual memilih saluran yang lebih tenang mungkin diperlukan untuk menghindari gangguan. Untuk menemukan saluran terbaik, alat jaringan ponsel cerdas seperti Wi-Fi Analyzer dapat menunjukkan kepada Anda apa yang digunakan jaringan lokal lain.

Pasang penguat Wi-Fi

Penguat Wi-Fi (juga dikenal sebagai perluasan jangkauan dan repeater) adalah cara murah untuk memperluas jaringan di luar jangkauan maksimum router. Penguat Wi-Fi mengambil sinyal lemah dan menyiarkan ulang. Anda memang kehilangan beberapa performa, tetapi mereka dapat meningkatkan cakupan secara signifikan.

Pilihan lainnya adalah booster jaringan powerline, yang menggunakan sirkuit listrik rumah Anda untuk mengirimkan data antara adaptor yang terhubung ke router dan booster di tempat lain di sirkuit listrik yang sama. Keuntungannya adalah mereka dapat digunakan bahkan di area di mana tidak ada sinyal Wi-Fi untuk ditingkatkan.

Memecahkan masalah umum Wi-Fi

Kekuatan sinyal lemah.  Semakin lemah sinyal nirkabel Anda, semakin lambat dan kurang dapat diandalkannya internet. Jika Anda bisa, mendekatlah ke router. Jika itu tidak memungkinkan atau ini adalah masalah yang berulang, Anda mungkin perlu berinvestasi dalam penguat Wi-Fi (lihat di atas).

Jaringan bersama yang sibuk. Kecepatan lambat dapat disebabkan oleh orang atau perangkat lain yang menggunakan internet pada saat yang bersamaan. Matikan perangkat lunak dan perangkat keras yang tidak perlu untuk mengurangi beban pada bandwidth broadband Anda. Anda juga harus memeriksa bahwa Wi-Fi tidak digunakan oleh tetangga atau orang lain yang seharusnya tidak berada di sana. Periksa kontrol admin router untuk melihat perangkat yang terhubung, dan jika perlu, ubah kata sandi Wi-Fi Anda.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Populer

Berita Pilihan

View all comments

Write a comment