Cara mengatur router WiFi Anda
Cara mengatur router WiFi Anda

By Mayangsari 25 Des 2020, 20:45:23 WIB Teknologi
Cara mengatur router WiFi Anda

Cara mengatur router WiFi Anda - Jika Wi-Fi terputus maka mematikan dan menghidupkan biasanya merupakan solusi yang paling efektif (jika Anda menggunakan penguat Wi-Fi, selalu coba setel ulang ini terlebih dahulu karena lebih cepat dan tidak terlalu mengganggu daripada perputaran daya router). Jika ini tidak berhasil, Anda harus menghubungkan ke router dengan kabel jaringan dan mengakses pengaturan router untuk mendiagnosis masalah.

Sesuaikan Dengan Mikrofilter

Microfilters mengurangi interferensi antara layanan broadband dan panggilan suara. Mereka harus dipasang di semua soket telepon yang digunakan di sekitar rumah kecuali Anda memiliki titik telepon soket ganda yang lebih baru (ini memiliki filter internal). ISP Anda harus menyertakan mikrofilter dengan router.

Microfilters paling sering digunakan untuk broadband ADSL. Mereka hanya akan dibutuhkan untuk broadband serat optik jika Anda tidak memiliki pelat muka soket ganda pada saluran telepon Anda - tetapi jika seorang insinyur diperlukan untuk mengatur broadband serat optik, mereka akan cocok untuk Anda.

Baca Lainnya :

Pasang Router Wi-Fi Anda

Sambungkan router ke daya, dan broadband atau soket dinding telepon menggunakan kabel yang disediakan. Anda juga dapat menyambungkan perangkat jaringan kabel apa pun ke port LAN (Local Area Network) di bagian belakang router.

Jika Anda memiliki modem dan router terpisah, modem dihubungkan ke stopkontak kemudian dihubungkan ke router dengan kabel jaringan.

Hubungkan Perangkat Nirkabel

Untuk menghubungkan perangkat nirkabel seperti smartphone, tablet, dan konsol game Anda memerlukan Wi-Fi SSID (nama jaringan) dan kata sandi. Untuk saat ini, gunakan pengaturan default. Anda dapat menemukan nama jaringan dan kata sandi yang telah dikonfigurasi sebelumnya baik di manual atau tercetak pada stiker yang terpasang ke router. Di perangkat Wi-Fi Anda, pilih SSID dari daftar jaringan (di area sibuk mungkin ada banyak jaringan ini) lalu masukkan kata sandi saat diminta.

Mengamankan Jaringan Wi-Fi Anda

Karena jaringan nirkabel dapat diakses dari luar rumah Anda, penting untuk menjaga keamanan jaringan Wi-Fi dengan mengikuti tip berikut.

Ubah kata sandi admin default. Di luar kotak, pengaturan router Wi-Fi Anda kemungkinan besar dilindungi hanya dengan kata sandi default yang lemah. Jika seseorang mendapatkan akses, mereka dapat menyebabkan segala macam malapetaka, jadi hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengubahnya menjadi kata sandi yang unik dan kuat.

Ubah kata sandi Wi-Fi. Kata sandi Wi-Fi default mungkin cukup aman karena kebanyakan sekarang sudah diatur dengan frase acak yang unik. Namun, kemungkinan juga akan ditampilkan di router itu sendiri, yang tidak terlalu membantu jika Anda ingin mengontrol siapa di rumah Anda yang dapat menggunakan Wi-Fi. Akses pengaturan router Anda dan ubah ini.

Ubah SSID Wi-Fi. SSID default kemungkinan besar akan mengungkapkan merek dan model router atau nama ISP Anda. Ini dapat membantu penyerang, karena mereka akan dapat menerapkan kerentanan keamanan yang diketahui atau kata sandi default untuk mendapatkan akses. Memilih nama jaringan Anda sendiri membuat segalanya menjadi sedikit lebih rumit bagi penyerang (dan membantu memilih jaringan Anda jika ada banyak sinyal Wi-Fi lain di sekitar).

Selalu perbarui router.  Periksa pembaruan firmware secara teratur untuk router Anda untuk melindungi dari lubang keamanan baru.

Gunakan keamanan WPA2 atau WPA3. Periksa apakah router Anda menggunakan standar keamanan 'WPA2' atau 'WPA3', bukan WPA atau WEP (ini mungkin dapat ditemukan di bagian yang sama dari pengaturan tempat Anda mengubah kata sandi Wi-Fi). WPA2 adalah standar yang lebih aman daripada WPA atau WEP yang lebih lama, yang keduanya dapat dengan mudah dipecahkan, dan WPA3 bahkan lebih baik.

Nonaktifkan WPS. Wi-Fi Protected Setup (WPS) memudahkan untuk menghubungkan perangkat baru tanpa harus memilih jaringan atau memasukkan kata sandi. Tetapi kenyamanan ini hadir dengan kelemahan keamanan yang dapat memudahkan peretas untuk membobol kata sandi Wi-Fi Anda. Kami sarankan untuk menonaktifkannya.

Mungkin itu saya panduan tentang Cara mengatur router WiFi Anda ini, semoga dengan adanya artikel kali ini bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda semuanya. Terima kasih




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Populer

Berita Pilihan

View all comments

Write a comment