Cara Mengatur Jaringan WiFi Rumah Anda
Cara Mengatur Jaringan WiFi Rumah Anda

By Mayangsari 25 Des 2020, 20:43:01 WIB Teknologi
Cara Mengatur Jaringan WiFi Rumah Anda

Cara Mengatur Jaringan WiFi Rumah Anda - Artikel ini menjelaskan cara menyiapkan jaringan Wi-Fi menggunakan router dan modem nirkabel apa pun. Bagaimanapun, kami memiliki daftar opsi router Wi-Fi baru yang terus bertambah untuk diuji. Kami masih dengan patuh mengerjakannya (ada banyak), tetapi kami telah menemukan banyak pilihan bagus yang mudah direkomendasikan.

Jika router nirkabel dan perangkat lain dapat melakukan Wi-Fi Protected Setup (WPS), Anda dapat menghubungkan dan mengkonfigurasi perangkat ini dengan menekan sebuah tombol. Namun, menyiapkan WPS di router merupakan risiko keamanan, jadi sebaiknya nonaktifkan WPS untuk menghindari risiko ini.

1. Temukan lokasi terbaik untuk perute nirkabel . Penempatan optimal berada di lokasi sentral rumah Anda, bebas dari penghalang yang dapat menyebabkan interferensi nirkabel. Jangan letakkan router di dekat jendela, dinding, atau microwave!

Baca Lainnya :

2. Matikan modem .

3. Hubungkan router ke modem . Colokkan kabel Ethernet (biasanya disertakan dengan router) ke port WAN router . Kemudian, sambungkan ujung kabel Ethernet lainnya ke modem.

4. Hubungkan laptop atau komputer ke router . Colokkan satu ujung kabel Ethernet lainnya ke port LAN router (port apa pun akan berfungsi) dan ujung lain kabel Ethernet ke port Ethernet laptop. Kabel ini bersifat sementara; kabel akan dilepas setelah jaringan disiapkan.

5. Nyalakan modem, router, dan komputer . Penting agar perangkat ini dinyalakan dalam urutan yang benar. Nyalakan modem terlebih dahulu. Saat semua lampu modem menyala, hidupkan router. Saat router aktif, nyalakan komputer.

6. Buka halaman web manajemen untuk router . Buka browser dan masukkan alamat IP halaman administrasi router . Informasi ini disediakan dalam dokumentasi router (biasanya seperti 192.168.1.1). Informasi login juga ada di manual.

7. Ubah kata sandi administrator default (dan nama pengguna) untuk router . Pengaturan ini biasanya ditemukan di halaman administrasi router di tab atau bagian yang disebut Administrasi. Gunakan kata sandi yang kuat yang tidak akan Anda lupakan.

8. Tambahkan keamanan WPA2 . Langkah ini penting. Temukan pengaturan ini di bagian keamanan nirkabel pada halaman administrasi router. Semakin banyak karakter dan semakin kompleks kata sandinya, semakin baik.

9. Ubah nama jaringan nirkabel (SSID) . Untuk memudahkan Anda mengidentifikasi jaringan Anda, pilih nama deskriptif untuk SSID ( Service Set Identifier ) Anda di bagian informasi jaringan nirkabel pada halaman administrasi router.

10. Opsional: ubah saluran nirkabel . Jika Anda berada di area dengan jaringan nirkabel lain, minimalkan interferensi dengan mengubah saluran nirkabel perute ke saluran yang tidak digunakan oleh jaringan lain. Gunakan aplikasi penganalisis Wi-Fi di ponsel cerdas Anda untuk menemukan saluran yang paling tidak ramai atau gunakan uji coba (coba saluran 1, 6, atau 11, karena saluran ini tidak tumpang tindih).

11. Siapkan adaptor nirkabel di komputer . Setelah menyimpan pengaturan konfigurasi di router, cabut kabel yang menghubungkan komputer ke router. Kemudian, colokkan adaptor nirkabel kartu USB atau PC ke laptop, jika tidak ada adaptor nirkabel yang terpasang atau terintegrasi. Komputer Anda mungkin secara otomatis menginstal driver atau Anda mungkin harus menggunakan CD setup yang disertakan dengan adaptor.

12. Hubungkan ke jaringan nirkabel baru . Di komputer Anda dan perangkat berkemampuan nirkabel lainnya, temukan jaringan baru yang Anda siapkan dan sambungkan ke jaringan .




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Populer

Berita Pilihan

View all comments

Write a comment