Cara Memasang Router Baru
Cara Memasang Router Baru

By Mayangsari 25 Des 2020, 20:41:32 WIB Teknologi
Cara Memasang Router Baru

Cara Memasang Router Baru - Setiap perangkat nirkabel di rumah Anda terhubung ke router Anda , dan jika Anda seperti kebanyakan orang saat ini, hanya perlu satu atau dua jam tanpa Wi-Fi untuk membuat Anda merasa cemas karena terputus. Dapatkan koneksi Anda dan jalankan dengan menginstal router baru, menggunakan panduan sederhana ini.

1. Periksa Koneksi Internet Anda

Jika Anda menyambungkan router ke modem atau gateway ISP yang sudah ada, Anda mungkin sudah mengetahui apakah internet berfungsi atau tidak, tetapi perlu diperiksa. Sambungan yang buruk dapat membuat upaya instalasi router yang lama dan membuat frustrasi ketika mungkin tidak ada yang salah dengan router itu sendiri.

Jika Anda memasang perute sebagai bagian dari pindah ke rumah atau apartemen baru, yang terpenting adalah memastikan Anda memiliki koneksi internet yang aktif, karena Anda kemungkinan besar akan menyiapkan perute bersama dengan internet yang baru dipasang atau diaktifkan layanan.

Baca Lainnya :

2. Tempatkan Router

Saat Anda membongkar perute, perhatikan dokumentasi apa pun yang disertakan. Perhatikan secara khusus untuk setiap stiker atau slip kertas yang mungkin menyertakan informasi penyiapan penting, seperti alamat untuk antarmuka web perute, atau nama pengguna dan kata sandi default.

Jika antena terpisah dari unit router utama, Anda harus memasangnya. Ini biasanya dilakukan dengan menancapkannya ke konektor di bagian belakang atau samping router. Dalam kasus lain, antena router akan terpasang, dan hanya perlu diperpanjang dan diposisikan.

3. Hubungkan ke Power

Setelah dinyalakan, Anda akan melihat lampu indikator router menyala. Beberapa akan berkedip atau berubah warna selama proses penyiapan, menunjukkan fungsi dan perubahan tertentu, tetapi harus ada lampu yang menunjukkan kapan router dicolokkan dan dihidupkan dengan benar. Tunggu satu atau dua menit setelah menghubungkan ke router, karena mungkin diperlukan beberapa saat untuk bangun dan berjalan.

4. Hubungkan ke Sumber Internet Anda

Selanjutnya Anda akan ingin menghubungkan router Anda ke sumber internet Anda, baik itu kabel atau modem DSL atau gateway ISP serupa. Untuk ini, Anda akan menggunakan kabel Ethernet dasar, dicolokkan ke WAN router atau port internet. Port ini biasanya dibedakan dari port lain pada perangkat dengan warna yang berbeda, atau mungkin secara fisik dipisahkan dari port lainnya dengan spasi.

5. Akses Antarmuka Web Router

Meskipun Anda memiliki komputer yang terhubung ke router baru, sekarang akan menjadi waktu yang ideal untuk menetapkan nama dan kata sandi jaringan baru. Selain itu, Anda harus masuk ke antarmuka web yang sama untuk meningkatkan firmware Anda, menyesuaikan pengaturan keamanan, dan mengaktifkan Wi-Fi Anda. Lihat panduan praktis kami untuk menjalani prosesnya, atau ikuti instruksi yang disertakan dengan router.

Saat Anda mengaktifkan Wi-Fi, Anda juga ingin memilih protokol enkripsi untuk jaringan nirkabel Anda. Lewati Wired Equivalent Privacy (WEP) jika ditawarkan, karena standar tersebut telah terbukti sangat tidak aman selama setidaknya satu dekade terakhir. Kami merekomendasikan penggunaan perlindungan Wi-Fi Protected Access II (WPA2), karena jauh lebih aman.

Perlu juga dicatat bahwa banyak perute baru menggunakan aplikasi khusus untuk penyiapan. Dalam kasus ini, Anda biasanya dapat menyelesaikan pengaturan tanpa mencolokkan PC sama sekali.

6. Hubungkan Perangkat Kabel

Jika Anda ingin menyambungkan perangkat apa pun ke router secara fisik, seperti printer, konsol game, TV, atau sistem telepon internet, Anda memerlukan kabel Ethernet untuk masing-masing perangkat. Colokkan perangkat berkabel ke salah satu port yang tersedia di bagian belakang router.

7. Hubungkan PC atau Perangkat Anda ke Wi-Fi

Terakhir, setelah jaringan Wi-Fi Anda aktif dan berjalan, Anda pasti ingin perangkat Anda lainnya terhubung. Jika Anda belum melakukannya, Anda mungkin ingin menyetel nama dan kata sandi baru untuk perute, dan masuk ke jaringan Wi-Fi baru Anda akan membutuhkan pengetahuan nama jaringan dan kata sandi.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Populer

Berita Pilihan

View all comments

Write a comment