7 Berita dan Skandal Esports Terheboh Sepanjang Tahun 2020

By Chelba Polanda 27 Des 2020, 12:47:01 WIB Esports
7 Berita dan Skandal Esports Terheboh Sepanjang Tahun 2020

Kabarbawah.com - Sepanjang tahun 2020 banyak kejadian dan berita heboh seputar dunia esports. Tak lagi sekedar kompetisi game, dunia esports telah berkembang layaknya industri hiburan yang penuh dengan cerita. Kali ini tim Kabar Bawah menghadirkan “7 Berita & Skandal Esports Terheboh Sepanjang Tahun 2020”.

Yuk, langsung saja baca aja artikelnya ya!

Raibnya Tabungan 22 Miliar Winda “Earl” Lunardi di Maybank

Baca Lainnya :

Kasus lenyapnya uang tabungan milik salah satu atlet EVOS Esports, Winda “Earl” Lunardi mencuat di awal bulan November tahun ini. Kasus ini kontan menjadi sorotan publik, tak hanya media game atau esports, media nasional seperti Kompas, Detik hingga Liputan 6 menjadikan kasus ini sebagai headline mereka.


Menurut Winda, terbongkarnya kasus ini bermula ketika sang Ibunda hendak mengambil uang, namun ditolak karena saldo tidak mencukupi. Uang senilai 22 Miliar sendiri merupakan tabungan miliknya bersama sang Ibunda sejak tahun 2015. Kasus ini pun naik ke ranah hukum usai Polisi menetapkan Kepala Cabang Maybank Cipulir sebagai tersangka. Masuknya Hotman Paris sebagai kuasa hukum resmi Maybank ikut meramaikan jalannya kasus yang hingga saat ini masih dalam penyidikan.

Fakta-fakta dibalik raibnya uang tabungan Winda hingga kini masih ditelusuri oleh pihak yang berwajib, mengingat adanya aliran uang yang keluar ke sejumlah pihak. Akankah kasus Winda akan segera terungkap kebenarannya?

PB Esports Resmi Berdiri, Esports Makin Diakui

Resmi dilantiknya Pengurus Besar Esports Indonesia, awal Januari 2020 menjadi momentum industri esports tanah air. Kehadiran PB ESI sendiri seolah menjadi titik penting perkembangan esports dalam negeri. Masuknya tokoh kuat seperti Kepala BIN, Jenderal Pol (P) Budi Gunawan (Ketua PB ESI), Sandiaga Uno (Pembina), hingga sejumlah tokoh nasional membuat popularitas esports di tanah air semakin mencuat.

Tak hanya sebagai Cabor, esports pun resmi masuk dalam bagian dari KONI sebagai cabang olahraga prestasi. Sejumlah ajang kolaborasi PB ESI – KONI pun digelar mulai dari Piala Pelajar hingga Piala KONI Esports. Saat ini PB ESI pun seudah memiliki perwakilan hampir di seluruh daerah di Indonesia. Tentunya kehadiran PB ESI diharapkan bisa terus mengembangkan industri esports di tanah air dan meningkatkan prestasi atlet-atletnya di kancah internasional.

Cinta segitiga Ericko Lim - Listy – Jessica

Kisah asmara juga tak luput dari ingar-bingar dunia esports. Salah satu yang banyak menyita perhatian tentu kasus cinta segitiga Listy Chan, Ericko Lim dan Jessica Jane. Awal mula skandal yang terjadi di bulan Juli 2020 ini mencuat tatkala Jessica Jane dalam akun social medianya memuat story mengenai perselingkuhan Ericko Lim dan Listy Chan.

Jesicca Jane yang juga adik mantan atlet Mobile Legends EVOS Esports, JessNoLimit, mengungkapkan kesedihan dan kekecewaanya. Popularitas sebagai adik JessNoLimit serta influencer membuat berita ini membuat geger dunia esports dan hiburan. Kasus ini pun membuat nama Listy Chan tersudut karena dituding sebagai “orang ketiga” yang memaksanya rehat sejenak dari kancah esports. Kabar terakhir Listy Chan bergabung dalam tim XCN Gaming sebagai Brand Ambassador.

Kepindahan Udil ke Alter Ego

Tentu Sobat Esports sudah kenal dengan sosok yang satu ini. Udil Surbakti atau akrab dipanggil Udil ini sebelumnya merupakan pemain pilar dari tim ONIC Esports. Seakan menjadi maskot tim berlambang landak, tak banyak yang menduga Udil pindah dari tim yang membesarkannya tersebut. Beragam gelar juara mulai dari Mobile Legends Pro League S3, Piala Presiden Esports, hingga MSC berhasil direngkuhnya bersama ONIC Esports.

Kepindahannya ke Alter Ego pun sontak membuat pecinta Mobile Legends tanah air kaget. Tenggelamnya prestasi ONIC Esports di MPL Season 4 dan 5 seolah memantapkan tekad Udil untuk bergabung ke tim Alter Ego. Debut Udil bersama Alter Ego sendiri terbilang cukup lumayan dengan menembus partai final sebelum dikalahkan RRQ lewat partai sengit 2-3. Makin padunya Udil Cs membuat mereka dengan mudah merengkuh gelar MPL Invitational dan menjadi calon kuat dalam perebutan gelar M2.

Caster PUBG Mobile Lecehkan Perempuan

Perilaku pelecehan terhadap wanita tak hanya terjadi di scene esports luar negeri. Sikap yang mencoreng komunitas esports tanah air ini dilakukan oleh salah satu caster PUBG Mobile, BangKule, ketika sedang live dalam sebuah turnamen. Tak hanya berkata kasar kala mengomentari pertanyaan penonton, ia juga merendahkan anggota tim ladies yang bertanding kala itu.

 

Sontak hal ini membuat panas kalangan komunitas esports tanah air. Sejumlah penggiat esports seperti Andrew Tobias, Bro Pasta, hingga BTR Lea pun mengecam kelakuan si caster. Meski telah membuat video klarifikasi, nampaknya hal itu tetap tak membuat komunitas esports memaafkannya.

EVOS Pause MPL Season 6

Tidak bisa dipungkiri aroma persaingan dalam Playoff MPL Season 6 sangat tinggi. Seluruh tim yang bertanding berusaha menampilkan performa terbaiknya untuk menjadi juara. Beragam kejadian menarik pun terjadi selama Playoff, salah satunya kasus “Pause” EVOS Esports kala berhadapan dengan ONIC Esports.

Kendala jaringan internet yang menghinggapi tim EVOS Esports membuat partai kedua tim memicu kekisruhan. Tim EVOS Esports yang terpaksa melanjutkan pertandingan dalam keadaan lag (sesuai peraturan yang berlaku) hanya “terdiam” di markas dan memberikan kemenangan untuk tim ONIC Esports. Kasus ini pun menuai banyak reaksi tak hanya dari pecinta EVOS Esports, namun fans Mobile Legends pada umumnya. Pihak Moonton sebagai penyelenggara pun menyebut bahwa keputusan untuk meneruskan pertandingan sudah sesuai dengan peraturan yang dibuat dan disepakati bersama seluruh tim.


Skandal Pelecehan Seksual di DOTA 2

Di pertengahan tahun ini, komunitas DOTA 2 dihebohkan dengan terkuaknya berita yang sangat memalukan. Meski bukan berasal dari tanah air, berita ini cukup menghebohkan komunitas DOTA 2 di Indonesia. Dua tokoh yang cukup disegani di kalangan komunitas DOTA 2 dunia, yakni GrandGrant (komentator dan streamer Evil Geniuses) serta TobyWan (caster) terseret kasus pelecehan wanita. Kasus ini pun menjadi konsumsi publik setelah salah cuitan Twitter salah seorang korban.

Meski terjadi di masa lalu, komunitas DOTA 2 nampaknya tak dapat mentolerir kasus ini.  Kontrak GrandGrant pun diputus secara sepihak, sedangkan Kerjasama TobyWan dengan sesama rekan caster dan rumah produksi Beyond The Summer langsung dihentikan. Valve sang empunya DOTA 2, bahkan memberikan sanksi tambahan, yakni menghapus seluruh voiceline milik TobyWan.

Nah, itu dia 7 Berita dan Skandal Esports sepanjang tahun 2020. Bagaimana Sobat Esports, menurut kalian berita mana yang paling heboh sepanjang tahun 2020? Atau kalian punya pendapat berbeda?




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Populer

Berita Pilihan

View all comments

Write a comment