3 Napi Pengendali Sabu 30KG LP Merah Mata Palembang Divonis Mati

By Chelba Polanda 25 Nov 2020, 13:53:34 WIB Hukum
3 Napi Pengendali Sabu 30KG LP Merah Mata Palembang Divonis Mati

Keterangan Gambar : Foto ilustrasi (Ari Saputra/detikcom)


Kabarbawah.com - Tiga narapidana yang meringkuk di Palembang divonis hukuman mati karena mengontrol penyelundupan 30 kg sabu. Tiga narapidana itu adalah Hiklas Saputra, Dedi Irawan, dan Samsul Abidin.

Hal itu tertuang dalam Putusan Pengadilan Negeri (PN) Batam yang dilansir situs web Mahkamah Agung (MA), Rabu (25/11/2020).

Hiklas Saputra merupakan napi dengan pidana penjara 11 tahun. Dedi Irawan napi dengan hukuman 12 tahun penjara dan Samsul Abidin sedang menjalani hukuman 17 tahun penjara.

Baca Lainnya :

Kasus bermula saat akan ada penyelundupan sabu dari Malaysia ke Palembang. Bandar dari Malaysia lalu menghubungi Hiklas agar membantu penyelundupan itu. Lalu Hiklas dkk menyanggupi penyelundupan itu.

Pada 13 Januari 2020 siang, sabu seberat 30 kg masuk ke Palembang. Paket sabu itu dibawa ke sebuah hotel. Tidak berapa lama, aparat menangkap komplotan itu. Hiklas yang ada di LP akhirnya diciduk dan diproses secara hukum. Ketiganya kemudian diadili di PN Batam.

"Menjatuhkan pidana terhadap Para Terdakwa tersebut oleh karena itu masing-masing dengan pidana mati," ujar majelis hakim yang diketuai Yona Lamerossa Ketaren dengan anggota Taufik AH Nainggolan dan Dwi Nuranamu.

Menurut majelis, perbuatan Para Terdakwa tidak mendukung program Pemerintah dalam upaya memberantas Narkotika dan dapat merusak generasi bangsa. Selain itu, telah pernah dijatuhi pidana dalam tindak pidana Narkotika. Perbuatan para terdakwa juga dikualifikasikan sebagai kejahatan luar biasa.

"Keadaan yang meringankan tidak ada," ucap majelis pada Senin (23/11) lalu.

Sumber : Detik.com




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Populer

Berita Pilihan

View all comments

Write a comment